oleh

Sosok Sederhana dan Merakyat

Ahmad Saifuddin Banru

Catatan : Abdul Rajab Abduh

Publik Sulbar, .Puang Appe adalah sapaan penghormatan oleh masyarakat yang ditahtakan kepadanya. Beliau adalah putra ketiga dari Pak Banru, seorang tokoh pejuang pembebasan rakyat Mandar dimasa gerilyawan, dan sang ibu bergelar Puang Hj.Djo’ma seorang bangsawanan dari Pappuangan Batu.

Sosok pria kelahiran Lampa, Polewali Mandar pada tahun 1965 silam, memiliki perawakan yang berwibawa dan jiwa kepemimpinan yang kuat. Saat ini beliau menjabat sebagai Inspektur Inspektorat Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

Meskipun dirinya disibukkan dengan pekerjaan sebagai kepala perangkat daerah, namun dia tetap meluangkan waktu untuk tetap bersilaturrahmi dengan sanak familinya. Beliau memang terkesan sosok yang peramah dan sangat peduli dengan lingkungan sosialnya. Maka tak salah jika beliau pernah dipercaya sebagai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Polewali Mandar.            

Ahmad Saifuddin Banru, begitu nama lengkapnya, seorang anak desa yang terbilang punya banyak prestasi gemilang sebagai birokrat. Beliau tak mengenal rasa takut untuk berbuat sesuatu yang baik,” Bekerja dengan dilandasi niat yang tulus dan ikhlas, maka kebaikan akan selalu menyertai kita,” begitulah prinsip hidupnya.

Adik dari budayawan, M.Thalib Banru ini memulai karirnya sebagai Kepala Desa Rappang Barat, Landi Kanusuang, setelah menyelesaikan pendidikannya pada Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia di Makassar. Melalui jabatan kepala desa inilah, Puang Appe memulai mengasah kemampuannya dalam pemerintahan, serta banyak mewarnai pengalaman hidupnya diusia yang masih tergolong muda saat itu.

Selama dua periode menjadi kepala desa, suami dari Hj.Muhasbih (Anggota DPRD Kab.Polewali Mandar Periode 2019-2024), kemudian diangkat menjadi Pengawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemda Polewali Mandar,yang selanjutnya menjabat sebagai Lurah Pelitakan. Setelah sukses menjadi Lurah Pelitakan, oleh Bupati Polewali Mandar, Ali Baal Masdar ketika itu mempercayakan beliau sebagai Camat di Kecamatan Tapango. 

Mengenal Ahmad Saifuddin semakin menarik dalam perjalanan karirnya yang terbilang cepat menuju jabatan eselon.Tak berlebihan jika dikatakan bahwa dirinya memiliki skill kemampuan personal diatas rata-rata pemimpin pada umumnya. Kalimat ini terbukti, hanya sekira dua tahunan saja sebagai Camat Tapango, beliau kembali dilantik sebagai Kepala Sat.Pol PP Kabupaten Polewali Mandar.  

Disinilah awal karirnya dijabatan Eselon II Pemda Polewali Mandar, dari Kasat Pol PP kemudian secara berurut diangkat menjadi Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Inspektur Inspektorat Kabupaten Polewali Mandar hingga saat ini.

Jika ditanya apa kiat suksesnya dalam menjalani karirnya, maka beliau akan menjawab,” Berbuatlah dengan ikhlas, karena apapun yang dilakukan dengan tulus, InsyaAllah akan diberikan yang baik pula,” sebuah kalimat sederhana yang patut menjadi inspirasi bagi kita semua. (**)

-Tidak butuh menjadi hebat untuk menggapai apa yang kita kehandaki-

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *