oleh

Sosok Pamong Yang Tegas dan Disiplin

H. Zainal Arifin Fachry K, SE. MM.

Saat ditemui dikediamannya (25/1/21), tepatnya di Jln. Jend.Sudirman poros Majene – Mamuju, kami disapa dengan sangat santun dan penuh rasa kekeluargaan. Seperti itulah sosok H. Zainal Arifin Fachry, yang kesehariannya dikenal tegas, disiplin dan berwibawa saat menjalankan tugasnya. Beliau adalah Kasat Pol.PP Kabupaten Majene.

Sebagai seorang Pamong Penegak Perda bersama Satuan Polisi Pamong Praja yang dia pimpin, beliau sangat disiplin dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat. Sebagai Kasat Pol PP, menjadi tugas utama adalah menegakkan peraturan daerah, menjaga ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat.

Dalam menjalankan tugasnya, kata Zainal, kami sering berhadapan langsung masyarakat dengan beragam pemahaman dan pengertian tentang aturan, tapi kami harus tetap tegakkan sesuai peraturan. Misalnya dalam operasi yustisi prokes memakai masker guna menekan penyebaran Covid-19, disaat ada pelanggaran maka karakter masyarakat akan berbeda- beda menanggapinya. Disinilah peran kami sebagai penegak Perda memberikan sanksi dengan tetap memperhatikan aspek humanisnya dan memberikan pemahaman. Tujuannya agar pelanggar tersebut jera dan mengerti, sehingga mereka sadar akan kesalahannya. Hal ini guna menghindari kemungkinan terjadinya gesekan antara anggota dengan masyarakat.

Sejak dibawah nahkoda beliau, Satpol PP Majene sudah mulai nampak tugas dan fungsinya sebagai penegak Perda, dan bersinergi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya dalam menjaga marwah Pemerintah Daerah Majene.

Disamping itu, beliau tidak luput memperjuangkan kesejahteraan anggotanya baik itu PNS ataupun non PNS. Maka wajar saja jika semua anggota Satpol PP yang dia pimpin memberikan apresiasi atas kinerjanya tersebut.

Bukan hanya itu, dia juga sangat memperhatikan anggotanya dalam hal pembinaan SDM, dan pengadaan seragam kelengkapan pakaian beserta atribut yang sudah ditentukan dari pusat.

Dalam mendukung organisasi kemasyarakatan, beliau mendapat amanah dari Sekjen ORARI Pusat untuk bergabung di Basarnas sebagai Koordinator Tim Relawan Dukungan Komunikasi (Dukom) pemberian bantuan komunikasi lewat ORARI penanggulangan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat.

Sebagai Koordinator Tim Relawan Dukom, beliau turut langsung bersama Plt. Bupati Majene, Lukman bersama jajarannya dalam penanganan pasca bencana gempa dengan pengawalan pemberian bantuan logistik terhadap para pengungsi di Malunda dan Ulumanda.

 Secara pribadi, Zainal Arifin memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap para sukarelawan tanggap bencana, baik itu dari Tim DUKOM ORARI, BASARNAS, BNPB, BPBD,TNI dan POLRI, Pemda, lembaga maupun perorangan yang turut membantu. Demikian juga kepada para donatur yang memberikan uluran tangan secara ikhlas kepada korban gempa di Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. (Iwan 77/arja)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *