oleh

DARI DONOR DARAH HINGGA PANEN MENTIMUN


Publik Sulbar,- Bencana gempa tektonik yang mengguncang Majene – Mamuju, Sulawesi Barat pada 14-15 Januari 2021 lalu, dan menyebabkan banyaknya korban jiwa serta kerugian material hingga milyaran rupiah. Peristiwa ini tentunya menggugah rasa empati kita semua. Beragam bantuan sudah dilakukan oleh para relawan dengan membuka open donasi untuk disalurkan kepada para korban tersebut. Mulai dari bantuan berupa sembako, penyediaan tempat evakuasi atau tenda pengungsian, obat-obatan, donor darah, dan lainnya.
Pemerintah Desa Tammangalle bersama Tim UTD PMI Polewali Mandar, pada 23 Januari 2021, menggelar aksi donor darah yang akan disumbangkan kepada para korban gempa yang membutuhkan. Adapun para pendonor terdiri dari relawan Format Tammangalle dan relawan Laskar Tammangalle, serta sejumlah masyarakat lainnya. Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Kepala Desa Tammangalle, Husain, selaku koordinator Tammangalle Peduli Sulbar yang juga turut menyumbangkan darahnya.
Warga cukup antusias untuk mendonorkan darahnya, menurut Husain, sebelumnya pihaknya tidak membayangkan kalau akan banyak warga yang menyumbangkan darahnya, bahkan melebihi dari yang ditargetkan. Sejumlah kantong darah tersebut akan disumbangkan untuk para korban gempa di Majene dan Mamuju.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendonor, semoga setetes darah yang kita sumbangkan bisa bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan,” sebut Husain.*
Ditempat terpisah, Kepala Desa Tammangalle bersama Camat Balanipa juga menggelar panen perdana tanaman hortikultura jenis sayuran. Salah satu jenis tanaman sayuran yang sudah mulai dipanen adalah mentimun.
Diketahui, mentimun adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, dan muda tumbuh pada semua jenis tanah, seperti di pekarangan rumah.
Pemerintah Desa Tammangalle membudidayakan tanaman hortikultura sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan lokal. “Kegiatan ini merupakan bentuk kesiapan desa dalam mendukung ketersediaan pangan masyarakat, terutama dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini,” terang Husain.(arja/sumber:FB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *