oleh

GELIAT PKBM PUTRA KEMBAR POLEWALI MANDAR

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga yang lahir dari masyarakat dan untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM merupakan inisiatif dari masyarakat yang sadar akan pentingnya peningkatan mutu pendidikan melalui proses pembelajaran.

Menurut Jumaruddin Abu, Ketua PKBM Putra Kembar, penyelenggaraan dan pengembangan, serta keberlanjutan PKBM sepenuhnya menjadi tanggungjawab masyarakat dengan semangat kemandirian dan kegotong-royongan. Sebab itu, pemilihan program-program yang diselenggarakan di PKBM harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Selanjutnya, Jumaruddin selaku Ketua Forum Tutor Sulbar, menyebutkan bahwa untuk mewujudkan PKBM yang tangguh, mandiri, cerdas, produktif dan kreatif, serta berbudi pekerti luhur, kita perlu meningkatkan kapabilitas pengelola PKBM dan masyarakat dalam berkarya.

Untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif masyarakat secara profesional yang berorientasi kepada pembangunan manusia seutuhnya, pada akhir tahun 2020 lalu, PKBM Putra Kembar menyalurkan bantuan kepada kelompok masyarakat berupa mesin parut kelapa, peralatan tenun, peralatan pembuatan kue, dan lainnya.

Begitupun dalam menunjang program pembelajaran kepada masyarakat, PKBM Putra Kembar juga telah membangun gedung Laboratorium Komputer yang akan digunakan oleh warga belajar. Lab Komputer tersebut telah diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polewali Mandar, Andi Nursami Masdar, pada 11 Desember 2020 lalu.

Selain itu, untuk peningkatan skill kecakapan warga belajar, Jumaruddin juga melaksanakan pelatihan menjahit, servis HP, serta bengkel las. Dan dalam upaya mengembangkan perpustakaan pengelola Kelompok Belajar dan Pendidikan Anak Usia Dini, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan buku bacaan kepada sejumlah KB, TBM, serta TK/PAUD se-Kecamatan Tinambung.

PKBM Majene Studi Banding di PKBM Putra Kembar

Segudang prestasi yang telah ditelorkan PKBM Putra Kembar Desa Tangnga-Tangnga di tingkat nasional, mulai sejak berdirinya tahun 2007 silam, kini PKBM Putra Kembar dibawah pengelolaan Jumaruddin Abu, menjadi salah satu PKBM Pesisir percontohan di Sulawesi Barat. Sehingga tidak berlebihan jika sejumlah PKBM lainnya melakukan studi banding di PKBM Putra Kembar.

Pada 12 Januari 2021 pekan lalu, rombongan PKBM Loka Pere Majene melakukan studi banding di PKBM Putra Kembar. Ketua PKBM Loka Pere, Nursyamsu selaku ketua rombongan didampingi langsung Ketua Forum PKBM Kabupaten Majene, Saharuna, yang juga Ketua PKBM Lestari.

Dalam kunjungannya, Nursyamsu dan rombongan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari ketua PKBM Putra Kembar. Menurut Nursyamsu, dirinya merasa bangga bisa menyaksikan langsung kantor PKBM Putra Kembar. Dan saya akan banyak belajar kepada PKBM Putra Kembar dalam pengembangan PKBM kedepannya, khususnya PKBM Loka Pere.

Nursyamsu menyebutkan, bahwa pihaknya akan menggiatkan PKBM miliknya dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat. Bahkan dia kini merencanakan akan membangun sebuah tempat wisata di desanya.

Disela acara studi banding, kedua PKBM ini berbagi cendra mata. PKBM Loka Pere Majene memberikan Loka Pere sebagai simbol tanaman khas lokal daerahnya kepada PKBM Putra Kembar. Kemudian Ketua PKBM Putra Kembar memberikan bantuan buku bacaan kepada PKBM Loka Pere, Majene.

Jumaruddin menyebutkan, selaku pengurus Forum PKBM Sulbar, bahwa PKBM Putra Kembar akan selalu siap berbagi pengalaman, dan membantu semua PKBM yang ada di Sulawesi Barat. (**)  

Catatan : Abdul Rajab Abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *