by

Sungai Lakahang Meluap, Sejumlah Rumah Tergenang

Publiksulbar.com, Mamasa — Rumah tergenang juga beberapa hewan ternak terseret air akibat meluapnya air sungai Lakahang hingga kepemukiman warga, tepatnya diKecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa.

Lukman (39) warga sekitar menyampaikan, peristiwa terjadi sekitar pukul 21:30 wita (minggu malam, 6/9/20). Meluapnya air dikarenakan hujan deras yang cukup lama mengguyur lakahang dan sekitarnya.

“Deras sekali hujan disini, sehingga air sungai tiba-tiba saja meluap,” Lukman dalam keterangannya saat dikonfirmasi via gawainya, Senin 7 September 2020_dikutip dari kabarsulbar.com.

Almayanti warga lainnya juga menyampaikan, banjir akibat dari luapan air sungai Lakahang merupakan peristiwa yang kedua kalinya terjadi.

“Sebelumnya terjadi tahun 2019 lalu, namun airnya tidak sebesar ini,”kata Almayanti.

Selain luapan air sungai yang menghantui warga Lakahang, tanah longsor dibeberapa lokasi di Lakahang juga terjadi_Hingga menutupi akses jalan penghubung antar desa.

“Akibat longsor itu, padi yang sudah panen tertimbun, serta salah satu rumah warga mengalami kerusakan dan nyaris terseret tanah longsor,” masih Almayanti.

Diketahui bahwa hingga pukul 00.00 Wita tadi malam, air sungai masih terlihat menggenangi sejumlah rumah warga. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian hingga puluhan juta.

Editor; b/red_ks.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *