by

Pilkada 2020 Pasangkayu dan “Politik Dinasti”


“Politik Dinasti adalah kekuasaan yang secara turun temurun dilakukan dalam kelompok keluarga yang masih terikat dengan hubungan darah, tujuannya untuk mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan. Politik dinasti merupakan pergantian kepemimpinan mirip kerajaan. Sebab, kekuasaan di wariskan turun temurun dari pemilik Dinasti kepada ahli warisanya agar kekuasaan tetap berada di lingkungan keluarga”, di lansir dari kabrsulbar.com

Publiksulbar.com, Pasangkayu — Bakal Calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Yaumil Ambo Djiwa berpasangan Herny pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Kabupaten Pasangkayu 2020 merupakan orang terdekat dari Agus Ambo Djiwa yang saat ini menjabat Bupati Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat (Prov. Sulbar).

Yaumil Ambo Djiwa Balon Bupati merupakan kakak kandung, dan Herny Balon Wabup merupakan isteri dari Agus Ambo Djiwa Bupati Pasangkayu.

Sehubungan dengan hal itu, sebagaimana di lansir dari media online kabarsulbar.com, Direktur Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir dalam keterangannya mengatakan Politik Dinasti di Pasangkayu sedikit_banyak menyita perhatian masyarakat, dan terjadinya Politik Dinasti akan berdampak “buruk” kepada regenerasi.

“Terjadinya politik dinasti, tentu ini memberi dampak negatif pada regenerasi daerah._Politik dinasti di Pasangkayu cukup jadi perhatian masyarakatnya, dan itu bisa jadi pengganggu pasangan Yaumil-Herny. Apalagi ada kejenuhan masyarakat pada politik dinasti, politik dinasti cendrung diragukan bisa untungkan daerah. Dan pelaku politik dinasti agak melemahkan regenerasi,” kata Direktur Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, dalam keterangannya, di lansir dari kabarsulbar.com. Kamis (27/8/20).

Suwadi juga menyampaikan, terjadinya Herny sebagai Balon Wabub mendampingi Yaumil Ambo Djiwa di karenakan ambisi politik Bupati Pasangkayu.

“Saya lihat bukan karena krisis kader. Namun ambisi politik bupati yang ingin kakak dan istrinya paket,” ungkap Suwadi kepada kabarsulbar.com.

Editor: b/red

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *