by

Kapolresta Mamuju Kawal Aksi Unjuk Rasa Aliansi To Padang

Publiksulbar.com, Mamuju — Aksi Unjuk rasa oleh aliansi masyarakat padang baka di kantor DPRD Provinsi sulbar, terkait rencana kegiatan penambangan non logam (zirkon) oleh PT. Surya Mika berlansung aman tanpa ada gejolak atau gesekan. kamis (02/07/2020)

Aksi ini merupakan kolaborasi antara masyarakat padang baka dengan mahasiswa, dipimpin oleh korlap Awal Pemuda Padang yang diikuti kurang lebih 200 orang massa.

Alasan aliansi melakukan aksi yakni menolak kegiatan tambang yang dilakukan oleh PT. Surya Mica dikarenakan lahan yang dikelola adalah lahan produktif masyarakat, Menolak kegiatan pertambangan di wilayah Mamuju khususnya tanah diwilayah padang baka dan padang panga mamuju, meminta kepada otoritas untuk menyetop izin tambang oleh PT. Suryamica, termasuk tidak menerbitkan AMDAL PT. Suryamica.

Tambang dinilai akan menjadi problem bagi masyarakat setempat, mengingat rencana lokasi tambang batu zirkon tersebut berlokasi diatas lahan produktif masyarakat.

“Aksi ini merupakan aspirasi masyarakat secara umum, terkait kebijakan yang akan dilahirkan itu otoritas pemerintah, kami tetap mengawal dan mengamankan aksi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, demi terjaganya kamtibmas yang kodusif diwilayah yang kita cintai ini” tegas Kapolresta mamuju Kombespol Minarto

Setelah massa mendapat arahan dari kapolresta mamuju, massa akhirnya dipersilahkan masuk kegedung DPRD Provinsi untuk melakukan dengar pendapat antara perwakilan massa dengan anggota DPRD provinsi sulbar.

“Adalah hak konstitusional bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat dimuka umum, sehingga kami mengupayakan tidak terjadi benturan antara masyarakat dengan masyarakat, olehnya setiap aksi pasti akan kami kawal dan amankan, dengan konsekuensi apabila aturan dalam menyampaikan pendapat dilanggar maka tentu proses hukum juga ditegakkan” tutup kombespol minarto. (Rls)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *